Cara Sembunyikan Kabel Agar Rumah Lebih Rapi

Cara Sembunyikan Kabel Agar Rumah Lebih Rapi

Kabel yang berantakan sepertinya sudah jadi hal biasa. Meski terlihat biasa, tapi ada resiko bahaya dari kabel yang berserakan. Terlebih jika dalam rumah ada anak kecil. Selain resiko, kabel berantakan pasti mengganggu pemandangan. Tapi ada cara sembunyikan kabel agar rumah lebih rapi yang bisa dicoba.

Kabel punya fungsi penting untuk mengalirkan listrik rumah. Di hunian modern, kabel punya peran penting sehingga menjadi kebutuhan utama. Tapi apa jadinya jika kabel justru membahayakan penghuni rumah. Untuk mencegah ini, langkah berikut bisa membuat kabel rumah lebih rapi.

Penyebab kabel berantakan adalah kebutuhan untuk mengalirkan listrik. Tapi dengan dalih mengalirkan listrik, sambungan listrik yang dipakai membuat kabel jadi berantakan. Dengan cara sembunyikan kabel agar rumah lebih rapi, rumah jadi lebih nyaman dan terjaga kerapiannya.

Baca juga: Cara Merawat Kabel Charger Supaya Tak Cepat Rusak

Cara Sembunyikan Kabel Agar Rumah Lebih Rapi

1.      Gunakan pelindung kabel

Saat instalasi listrik rumah, banyak yang memakai paralon kecil untuk melindungi kabel. Paralon ini efektif jika nanti ditanam dalam tembok. Tapi tak cocok jika ditaruh luar. Solusinya, gunakan pelindung kabel dari bahan logam. Selain kuat, desainnya bisa disesuaikan kondisi rumah.

2.      Terapkan hiasan dinding

Jika kabel ada di dinding, sebaiknya terapkan hiasan dinding. Hiasan dinding akan menutup kabel. Ada banyak jenis hiasan dinding yang bisa dicoba, ornamen dan lukisan bisa jadi solusi. Selain melindungi kabel, ornament secara signifikan bisa meningkatkan nilai artistik interior rumah.

3.      Tutup dengan kain

Langkah mudah sembunyikan kabel yaitu dengan kain penutup. Beberapa jenis hunian mungkin tak sesuai jika dinding diberi ornament, dan aksen dinding berupa kain jadi solusi. Jika kabel yang berantakan ada di lantai, gunakan aksen tambahan seperti tikar, karpet atau lainnya.

4.      Manfaatkan barang bekas

Tak hanya kabel, terminal colokan juga harus diperhatikan. Terminal listrik yang dibiarkan terbuka sangat berbahaya, terutama jika ada anak kecil dalam rumah. Untuk mencegah bahaya, barang bekas bisa dimanfaatkan seperti kotak sepatu untuk melindungi terminal colokan listrik.

Posted by Ria Wijaya

Sarjana Sastra Inggris pengangguran yang suka mengisi waktu luang dengan menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *