Cara Menyehatkan Ginjal Dengan Makanan

Cara Menyehatkan Ginjal Dengan Makanan

Ginjal yang bekerja terlalu keras akan mengalami resiko kerusakan. Adalah hal berbahaya jika ginjal sampai rusak. Untuk menjaga ginjal berfungsi normal, ada cara menyehatkan ginjal dengan makanan sehari-hari. Karenanya, pilihlah dengan selektif makanan yang menyehatkan ginjal.

Ginjal merupakan organ penting tubuh yang berfungsi menyaring racun yang masuk. Racun yang masuk ke tubuh bisa melalui apa saja, baik itu dari makanan atau radikal bebas. Jika racun yang masuk terlalu banyak, ginjal akan bekerja terlalu keras.

Sebenarnya ada banyak cara menyehatkan ginjal, dari prosedur medis hingga terapi lewat makanan. Dalam jangka pendek, obat kimia memang membantu. Tapi untuk jangka panjang, bahan kimia menjadi masalah sendiri. Makanan yang bermanfaat baik untuk ginjal yaitu buah cranberry, apel, paprika merah, ikan dan putih telur.

Baca juga: Cara Bersihkan Ginjal Dengan Buah-buahan

Cara Menyehatkan Ginjal Dengan Makanan

1.      Buah cranberry

Buah ini langka dijumpai di pasar karena bukan tanaman asli Indonesia. Karena langka, harga buah ini mahal dibanding buah sejenisnya, yaitu blueberry. Buah cranberry punya peran meluruhkan racun dari tubuh sehingga meringankan kinerja ginjal.

Manfaat lain buah cranberry yaitu mencegah infeksi saluran kandung kemih. Tapi ingat, tak semua makanan bisa menyehatkan ginjal, beberapa jenis makanan bahkan memperburuk kondisi ginjal.

2.      Buah apel

Siapa yang tak kenal buah apel. Selain rasanya enak, buah apel mengandung berbagai manfaat dalam kesehatan. Dalam apel terkandung berbagai vitamin, serat dan zat anti-inflammasi. Selain menyehatkan ginjal, apel juga menjaga level kolesterol tubuh tetap normal.

Manfaat lain apel yaitu mencegah sembelit. Buah apel bisa dikonsumsi langsung atau dibuat minuman jus lebih dulu. Menggunakan bahan alami untuk menyehatkan ginjal dinilai lebih baik karena rendah resiko.

3.      Paprika merah

Bumbu dapur ini biasanya digunakan pelengkap hidangan. Padahal, buah ini mengandung zat-zat yang dibutuh tubuh. Paprika merah mengandung serat tinggi, kaya vitamin dan rendah potassium. Dalam paprika terdapat senyawa likopen yang berperan mencegah kanker.

Untuk mengkonsumsi buah ini, paprika bisa dicampur dalam hidangan. Sebaiknya, paprika jangan dimasak terlalu matang karena melarutkan senyawa. Mengkomsumsi makanan ini secara rutin, maka cara menyehatkan ginjal dengan makanan sudah terpenuhi.

4.      Ikan

Beberapa jenis ikan punya kandungan omega 3 tinggi seperti salmon. Selain omega 3, ikan salmon punya sifat anti-oksidan yang dibutuh tubuh. Mengkonsumsi ikan rutin bisa menormalkan kadar kolesterol dan mencegah kemungkinan sel kanker.

Manfaat lain ikan yaitu mencegah peradangan karena kandungan senyawa anti-inflamasi. Makanlah ikan paling tidak tiga kali seminggu untuk membantu menjaga ginjal sehat.

5.      Putih telur

Banyak yang hanya mengambil kuning telur dan membuang bagian putih telurnya. Padahal bagian putih telur juga berguna, khususnya menyehatkan ginjal. Putih telur punya kandungan protein tinggi, sehingga cocok digunakan terapi pengobatan ginjal.

Jika merasa jijik mengkonsumsi secara langsung, putih telur bisa direbus lebih dulu. Mengkonsumsi putih telur secara rutin merupakan cara menyehatkan ginjal dengan makanan yang bisa dicoba di rumah dengan mudah.

Posted by Ria Wijaya

Sarjana Sastra Inggris pengangguran yang suka mengisi waktu luang dengan menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *