Cara Mencegah Virus Zika Dengan Mudah

Cara Mencegah Virus Zika Dengan Mudah

Virus zika diakibatkan nyamuk aedes aegipty. Gejala yang ditimbulkan virus zika hampir sama dengan gejala demam berdarah. Beberapa gejala virus zika yaitu demam, mata merah (konjunktivitas), nyeri sendi, dan ruam. Menjaga ruangan tetap bersih merupakan cara mencegah virus zika dengan mudah.

Penanganan pasien virus zika sama dengan pasien demam berdarah. Gejala yang terjadi mirip, baik virus zika dan demam berdarah sama-sama diakibatkan gigitan aedes aegypti. Nyamuk jenis aedes sangat aktif meski di siang hari. Karena itu, mencegah merupakan cara terbaik agar sehat.

Baca juga: Cara Deteksi Dini Penyakit Jantung

Penularan Virus Zika

Dalam beberapa kondisi, virus zika dapat menular, terutama pada ibu hamil. Pada ibu hamil yang terkena virus zika bisa menularkan virus pada janin. Akibatnya, virus zika membuat kepala bayi mengecil dari ukuran normal. Vektor utama dari penularan tentunya nyamuk itu sendiri.

Ada beberapa spesies dalam aedes yang bertanggung-jawab pada penularan virus zika. Diantaranya yaitu aedes aegipty, aedes albopictus, aedes africanus, dll. Bagi yang terinfeksi virus zika, gejala yang muncul bervariasi. Gejala umum yaitu demam, ruam kulit, sakit kepala, nyeri, mata merah, dan lainnya.

Pada keadaan parah, virus zika menyerang saraf dan menyebabkan komplikasi autoimun. Gejala berlangsung 2-7 hari. Sebenarnya virus zika bisa hilang dalam 7-12 hari. Untuk mempercepat sembuh, penanganan medis perlu. Karena itu, kebersihan merupakan cara mencegah virus zika dengan mudah.

Cara Mencegah Virus Zika Dengan Mudah

Agar bebas virus zika, mencegah merupakan langkah terbaik. Pencegahan dimulai dengan memperhatikan keadaan sekitar agar selalu bersih. Meski begitu, beberapa negara yang terkenal bersih juga dilanda virus zika seperti Singapura.

1.      Jaga kondisi tubuh

Gigitian nyamuk aedes tak berakibat apapun jika kondisi tubuh prima. Kondisi prima yaitu kekebalan tubuh ada di level tinggi. Meningkatkan imunitas tubuh bisa melalui olah raga yang rutin dan gaya hidup yang baik. Mengkonsumsi suplemen tertentu juga membantu.

2.      Menjaga kebersihan

Kondisi rumah bersih akan mengurangi resiko nyamuk berkembang. Jika nyamuk berkurang, kemungkinan tergigit juga berkurang. Pemberantasan sarang nyamuk memberi efek signifikan pada tingkat penyebaran nyamuk. Perilaku 3M (mengubur, menutup, membuang) berdampak positif bagi kebersihan lingkungan.

3.      Cukup istirahat

Istirahat cukup akan memberi waktu untuk regenerasi secara maksimal. Tubuh butuh delapan jam istirahat. Dengan istirahat cukup dan teratur, kondisi tubuh akan terjaga kesehatannya. Hasilnya kekebalan tubuh terjaga sehingga kecil kemungkinan terkena virus zika.

4.      Minum air

Sebagian besar tubuh terdiri dari cairan. Tak heran kebutuhan air sangat tinggi. Manusia butuh dua liter air untuk metabolisme tubuh normal. Kurang cairan menyebabkan dehidrasi yang menghambat metabolisme. Karena itu, minum air yang cukup merupakan cara sederhana mencegah virus zika dengan mudah.

Posted by Ria Wijaya

Sarjana Sastra Inggris pengangguran yang suka mengisi waktu luang dengan menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *