Cara Agar Kulit Tidak Cepat Keriput

Cara Agar Kulit Tidak Cepat Keriput

Kulit merupakan representasi kondisi tubuh. Kulit yang bagus menandakan orang itu punya kepribadian bagus karena tak lupa merawat tubuh. Sebaliknya, orang pemalas terlihat dari kulitnya yang keriput. Kemauan merupakan cara agar kulit tidak cepat keriput.

Jika sedikit saja menyediakan waktu perawatan, kondisi kulit keriput bisa dicegah. Keriput merupakan kejadian alami yang tak bisa dihindari. Meski begitu, munculnya keriput bisa ditunda lewat cara sederhana. Keriput umum terjadi pada orang tua, tapi orang berusia muda juga bisa mengalami keriput.

Pada dasarnya, keriput terjadi saat kolagen tak dapat mereproduksi. Kolagen merupakan senyawa yang bertanggung-jawab terhadap kekencangan kulit. Maka tak heran jika banyak klinik menyediakan suntik kolagen untuk mengencangkan kulit.

Baca juga: Cara Memutihkan Kulit Dengan Bahan Alami

Cara Agar Kulit Tidak Cepat Keriput

1.      Istirahat berkualitas

Cara agar kulit tidak cepat keriput yaitu dengan istirahat berkualitas. Tak hanya berkualitas, istirahat juga harus teratur. Tubuh butuh tidur untuk regerasi sel rusak. Sel ini akan diperbaiki dan diganti ketika saat istirahat. Istirahat yang kurang bisa mengakibatkan regenarasi sel tubuh tak berjalan maksimal. Jadi, istirahatlah dengan cukup.

2.      Hindari sinar matahari

Radiasi menyebabkan kulit cepat keriput. Sinar matahari berbahaya bagi kulit karena bisa menurunkan kualitas kulit. Menurut studi, hampir 90% kerusakan kulit akibat sinar matahari langsung mengenai kulit. Sebisa mungkin gunakan pelindung agar tak terkena sinar matahari.

Namun jika terpaksa karena beraktifitas di luar ruangan, gunakan pelembab atau krim pelindung dari sinar matahari. Cara ini lebih bersahabat karena rendah efek samping. Beda dengan prosedur medis yang bisa menimbulkan dampak negatif seperti iritasi, gatal, dan kemerahan.

3.      Olah raga teratur

Olah raga merupakan kunci kesehatan. Bisa dikatakan kalau olah raga merupakan pangkal kesehatan tubuh. Tiap bagian tubuh butuh olah raga untuk menjaga fungsinya tetap normal. Bagi kulit, olah raga membuat aliran darah dan oksigen jadi lancar.

Sel kulit yang berfungsi normal akan menjaga produksi kolagen. Hasilnya, kulit akan terjaga sehingga keriput bisa ditunda kehadirannya. Dengan kulit mulus, melakukan aktifitas tak akan canggung. Untuk mendapat kulit mulus dan menghilangkan keriput, cara ini bisa membantu.

4.      Minum vitamin

Nutrisi yang dibutuh kulit kadang tak bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi. Sebagai gantinya, konsumsi vitamin dan suplemen tambahan sangat dianjurkan demi menjaga kekencangan kulit. Kulit yang sehat membawa kepercayaan diri.

Vitamin E merupakan nutrisi utama untuk kulit, dan hanya sedikit makanan yang menyediakan vitamin E. Kalaupun ada, prosentase vitamin E sangat sedikit. Karenanya, tambahkan vitamin sesudah makan. Tapi pastikan mengetahui tingkat vitamin yang dibutuh tubuh.

5.      Makan makanan sehat

Cara agar kulit tidak cepat keriput selanjutnya yaitu mengkonsumsi makanan sehat. Definisi makanan sehat sebenarnya bergantung kondisi tubuh. Makanan yang dianggap sehat biasanya mengandung berbagai nutrisi yang bisa menyeimbangkan kondisi tubuh.

Mengkonsumsi makanan bervitamin berlebihan justru bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Sebagai contoh, mengkonsumsi vitamin C berlebih bisa meningkatkan resiko kesehatan seperti mual, pusing, dan lainnya.

Posted by Ria Wijaya

Sarjana Sastra Inggris pengangguran yang suka mengisi waktu luang dengan menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *